UMSurabaya Repository

Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Masa Pandemi Covid-19

Afiani, Kunti Dian Ayu and Faradita, Meirza Nanda (2021) Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Masa Pandemi Covid-19. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 209-218.

[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1723Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Peer Review) - Published Version
    Download (599Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Artikel) - Published Version
      Download (5Mb) | Preview

        Abstract

        Abstrak: Menurut WHO dalam (Nahdi & Jatisunda, 2020) Pada akhir tahun 2019 dunia dikejutkan oleh adanya virus yang dinamakan COVID-19, kemudian pada awal tahun 2020 WHO mengumumkan secara global bahwa virus ini dikatakan sebuah pandemic yang dikenal dengan pandemic Covid-19. Setelah itu pemerintah menerapkan sistem kerja WFO (Work Form Office) maupun WFH (Work Form Home). Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020 Tahun 2020 mengungkapkan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring bagi satuan pendidikan yang berada zona oranye dan merah. Dengan pembelajaran secara daring, dosen dituntut untuk bisa menerapkan penggunaan teknologi agar pembelajaran berjalan dengan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Peneliti ingin pembelajaran yang dilakukan dosen tidak monoton menggunakan paper and pen test tetapi sudah menggunakan sebuah aplikasi yang mudah diakses oleh mahasiswa melalui hp maupun laptop, aplikasi ini bernama Quizizz. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK dengan subyek penelitian 47 mahasiswa PGSD UM Surabaya. Cara pengambilan data menggunakan tes (aplikasi quizizz) dan didapatkan hasil bahwa pada siklus I dan siklus II yaitu dari 47 mahasiswa, berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada siklus I dapat diketahui bahwa 33 mahasiswa atau 70% dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 14 mahasiswa atau 30% dinyatakan tidak tuntas dalam belajar dan pada siklus II diketahui bahwa 43 mahasiswa atau 91% telah dinyatakan tuntas belajar, sedangkan sisanya 4 mahasiswa atau 8% dinyatakan tidak tuntas belajar.

        Item Type: Book
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: MEIRZA NANDA FARADITA
        Date Deposited: 13 May 2022 12:34
        Last Modified: 13 May 2022 12:34
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6191

        Actions (login required)

        View Item