UMSurabaya Repository

PEMIKIRAN SYAIKH AHMAD SURKATI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERGERAKAN MUHAMMADIYAH TENTANG PENDIDIKAN

MARSIS, MARSIS (2018) PEMIKIRAN SYAIKH AHMAD SURKATI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERGERAKAN MUHAMMADIYAH TENTANG PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (578kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (224kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (272kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (150kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Pemikiran Syaikh Ahmad Surkati dan Relevansinya dengan Pergerakan Muhammadiyah Tentang Pendidikan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2018. Alasan penelitian ini, Pertama adalah karena kekaguman penulis kepada sosok ulama yang sangat perhatian kepada dunia pendidikan Islam di Indonesia, yaitu Syaikah Ahmad Surkati yang merupakan orang asing dari negeri Sudan, akan tetapi memiliki semangat juang tinggi. Bukti nyata perjuangan beliau adalah eksistensi al irsyad dalam dunia pendidikan. Kedua, kekaguman penulis menyaksikan eksistensi perkembangan pendidikan yang di selenggarakan salah satu pergerakan islam di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Timbul permasalahan yang ingin penulis ketahui jawabannya, yaitu bagaimana pemikiran Syaikh Ahmad Surkati dan pergerakan Muhammadiyah tentang Pendidikan. Dan, adakah relevansi di antara keduanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memaparkan data dalam bentuk kata kata secara naratif. Jika di tinjau dari segi jenis maka penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, artinya penulis mengumpulkan data dari dukumen baik berupa video, foto, buku, jurnal, surat kabar, maupun media on line. Hasil penelitian ini memaparkan aspek pemikiran Ahmad Surkati dan pergerakan Muhammadiyah tentang pendidikan. Diantaranya definisi pendidikan, sumber pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan, dan lembaga pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat kita ketahui bahwa antara Ahmad Surkati dan pergerakan Muhammadiyah memiliki relevansi dalam penyelenggaraan pendidikan baik dari segi definisi, sumber, tujuan, kurikulum, metode, media maupun Lembaga. Dalam mengambil sumber keduanya dari sumber pokok yakni Al Quran dan Assunnah, bertujuan mencerdaskan dan membentuk akhlak mulia bagi umat islam, menyusun kuriklum secara berjenjang dengan memadukan materi keagamaan dan ilmu pengetahuan umum, menggunakan metode dan media dalam menyampaikan materi, serta membentuk lembaga yang menaungi kegiatan pendidikan secara formal. Kata kunci: Pemikiran, Ahmad Surkati, Pergerakan Muhammadiyah, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran, Ahmad Surkati, Pergerakan Muhammadiyah, Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 09 Jun 2022 12:04
Last Modified: 09 Jun 2022 12:04
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item