UMSurabaya Repository

Studi Desain Speedboat untuk Perairan Sungai dan Danau

Karnandi, Akhmad and Hery inprasetyo, ST and Edi Rianto, ST., MT. (2015) Studi Desain Speedboat untuk Perairan Sungai dan Danau. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (735Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (66Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (811Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (37Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (698Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (420Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (476Kb)

                Abstract

                Peran angkutan perairan speedboat sungai dan danau ditetapkan sedemikian rupa dan tepat dengan porsi perhatían yang lebih besar dalam konfigurasi sistem transportasi. Integrasi angkutan harus didesain sedemikian rupa untuk memperhatikan kebutuhan saat ini, yaitu efisiensi serta kebutuhan di masa mendatang yaitu daya dukung lingkungan dan keterbatasan sumber daya alam khususnya bahan bakar minyak. Untuk itu diperlukan suatu perancangan angkutan perairan speedboat sungai dan danau yang optimum dalam kaitannya dengan efisiensi kebutuhan bahan bakar. Berdasarkan hasil survey terhadap beberapa kapal pembanding di perairan sungai musi dan danau toba, selanjutnya dilakukan proses optimasi untuk menghasilkan set ukuran utama yang optimum pada minimum nilai hambatan dan power kapal. Set ukuran utama yang didapat adalah panjang (Loa) 10 m, lebar 2.6 m, tinggi 1.3 m dan sarat 0.5 m. Hasil perhitungan hambatan dengan menggunakan Hullspeed pada kecepatan 20 knot didapatkan nilai hambatan sebesar 8,19 kN, sedangkan pada perhitungan dengan excel dari formula referensi perhitungan hambatan metode savitsky untuk sudut trim minimum 2,0 deg didapatkan nilai hambatan sebesar 8,151 kN, pada sudut trim maksimum 3,3 deg didapatkan nilai hambatan sebesar 8,302 kN, perbedaan antara software dan perhitungan dengan formula sebesar 0,4%-1,35%. Maka dapat dikatakan secara praktis bahwa metode empirik yang diusulkan dapat sejalan dengan hasil yang diberikan oleh software. Kata kunci speedboat, optimasi, hullspeed, savitsky

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: T Technology > T Technology (General)
                Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Depositing User: Users 322 not found.
                Date Deposited: 13 Nov 2017 08:03
                Last Modified: 13 Nov 2017 08:03
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/638

                Actions (login required)

                View Item