UMSurabaya Repository

PENGARUHCAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR),LOAN TO DEPOSIT RATIO(LDR), NET INTEREST MARGIN (NIM), EFISIENSI (BOPO)DAN NON PERFORMING LOAN(NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA)(Studi Kasus Pada Bank Umum Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)

Kotibah, Kotibah and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak and Zeni Rusmawati, S.Pd., M.Pd (2016) PENGARUHCAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR),LOAN TO DEPOSIT RATIO(LDR), NET INTEREST MARGIN (NIM), EFISIENSI (BOPO)DAN NON PERFORMING LOAN(NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA)(Studi Kasus Pada Bank Umum Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (235Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (189Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (231Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (306Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (577Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (116Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1742Kb)

                Abstract

                Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Efisiensi BOPO dan Non Performing Loan (NPL)terhadap Return on Asset (ROA).Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menyajikan laporan keuangan periode 2010 sampai dengan 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Bank periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 22 perusahaan dari 35 bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CAR dan NPL tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap ROA.Variabel BOPO memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ROA dan variabel LDR dan NIM berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap ROA dalam penelitian ini sebesar 92,3%, sedangkan sisanya 7,7% dipengarui oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci :CAR,LDR,NIM,BOPO, NPL,ROA.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 14 Nov 2017 10:14
                Last Modified: 14 Nov 2017 10:14
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/696

                Actions (login required)

                View Item