UMSurabaya Repository

Artikel Penerapan HOTS Pada Siswa Kelas IV SD Melalui Model Make a Match

Faradita, Meirza Nanda and Suweleh, Wardah (2019) Artikel Penerapan HOTS Pada Siswa Kelas IV SD Melalui Model Make a Match. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIPA 2019. pp. 966-978.

[img] PDF (Cek Plagiasi Wardah)
Download (2MB)
[img] PDF (Prosiding UNIPA wardah)
Download (1MB)
[img] PDF (Peer Review Wardah)
Download (480kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model make a match serta mendeskripsikan keterampilan HOTS (berpikir tingkat tinggi) siswa dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki, 10 siswa perempuan. Lokasi penelitian berada di SDN Geluran III Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes keterampilan HOTS. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat 14,58% dari 66,67% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Begitu juga dengan aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 18,85% dari 62,25% pada siklus I menjadi 81,1% pada siklus II. Serta hasil tes keterampilan HOTS menunjukkan bahwa pada siklus I hasilnya 55% yang mengalami tuntas belajar, dan mengalami peningkatan di siklus I yaitu 85%. Dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar berdasarkan keterampilan HOTS (Berpikir tingkat tinggi).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: WARDAH SUWELEH SUWELEH
Date Deposited: 30 May 2023 04:43
Last Modified: 30 May 2023 04:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item