UMSurabaya Repository

ANALISIS IKAN BETOK (Anabas testudineus Bloch) DI KALI KEPITING SUTOREJO KOTA SURABAYA BERDASARKAN TOTAL BAKTERI DAN COLIFORMSEBAGAI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI

HASYIM, WAHID and Dra. Peni Suharti, M.Kes and Drs. Abdul Ghoni, M.Kes (2015) ANALISIS IKAN BETOK (Anabas testudineus Bloch) DI KALI KEPITING SUTOREJO KOTA SURABAYA BERDASARKAN TOTAL BAKTERI DAN COLIFORMSEBAGAI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (582Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (171Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (348Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (427Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (367Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (Bab 5)
            Download (85Kb) | Preview
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Kali Kepiting Sutorejo Kota Surabaya menerima limbah yang besar karena lokasinya berdekatan dengan pemukiman padat penduduk. Limbah yang dihasilkan dari aktivitas tersebut jika tidak dikelola dengan baik akan dapat mempengaruhi kualitas air Kali Kepiting Sutorejo Kota Surabaya serta dapat mempengaruhi biota air yang ada pada kali tersebut, terutama ikan Betok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis ikan Betok (Anabas testudineus Bloch) di Kali Kepiting Sutorejo Kota Surabaya berdasarkan total bakteri dan coliformsebagai implementasi bahan ajar pada mata kuliah mikrobiologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan metodedeskriptif. Subjek penelitian adalah total bakteri dan bakteri coliform yang berada dalam ikan Betok (Anabas testudineus Bloch), sedangkan objek penelitian adalah Ikan Betok (Anabas testudineus Bloch) yang berasal dari Kali Sutorejo Surabaya dari 3 titik kali. Pengujian di laboratorium meliputi uji ALT, uji MPN. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada tabel Persyaratan Standar Mutu Ikan Segar Berdasarkan SNI 7388 : 2009 dimana jumlah total bakteri yang diperbolehkan yaitu 5 x 105 koloni/g, sedangkan coliformyang diperbolehkan dalam daging segar ikan adalah < 3/g. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ALTpada daging ikan Betok segar mengandung total bakteri dengan kisaran 9 x 107 hingga 7 x 108 juml. kol/g. Kemudian pada nilai MPN pada semua daging ikan Betok segar mengandung total MPN coliform sebanyak> 1100 jumlah/g. Tidak terdapat bakteri Escherchia coli pada semua sampelikan Betok yang berasal dari Kali Kepiting Sutorejo Kota Surabaya. Ikan Betok yang berasal dari Kali Kepiting Sutorejo Kota Surabaya tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar pada mata kuliah mikrobiologi berupa lembar kerja mahasiswa dan pegangan bagi mahasiswa. Kata Kunci : Ikan Betok, total bakteri, coliform, uji ALT (Angka Lempeng Total), uji MPN (Most Probable Number)

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Users 320 not found.
                Date Deposited: 15 Nov 2017 11:17
                Last Modified: 15 Nov 2017 11:17
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/828

                Actions (login required)

                View Item