UMSurabaya Repository

PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG TUJUAN PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada CV. Fifa Konveksi Surabaya)

Supmawati , Ari and Drs. Misrin Hariyadi, SE, M.Ak and Gita Desipradani, S.Pd., MM (2016) PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG TUJUAN PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada CV. Fifa Konveksi Surabaya). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (256Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (162Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (307Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (169Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (330Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (87Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (4Mb)

                Abstract

                Sistem akuntansi sangat penting untuk merencanakan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan perusahaan, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sebagai upaya mendukung tujuan pengendalian intern perusahaan yang diterapkan oleh CV. Fifa Konveksi pada saat ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah sistem akuntansi penggajian dan pengupahanmemiliki peran sebagai upaya mendukung tujuan pengendalian intern perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yakni penelitian yang hanya memaparkan suatu karakterstik suatu fenomena. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan terdapat divisi yang merangkap tugas dan tanggung jawabnya. Hasil pembahasan penelitian ini adalah perusahaan perlu memisahkan tugas dan tanggung jawab dengan membentuk bagian baru yaitu personalia dan kasir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pencatatan waktu yang di terapkan saat ini masih menggunakan absensi secara manual, dan praktik yang sehat yang diterapkan perusahaan untuk mendukung pengendalian intern adalah jumlah kehadiran karyawan mempengaruhi gaji yang akan dibayarkan kepada karyawan tetap setiap bulannya. Saran untuk perusahaan adalah perlu adanya perubahan pada metode absensi yaitu menggunakan mesin absensi digital dan perlu adanya divisi tambahan yaitu personalia dan kasir. Kata-kata Kunci : Sistem Akuntansi, Penggajian, Pengupahan, Pengendalian Intern

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 15 Nov 2017 12:36
                Last Modified: 15 Nov 2017 12:36
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/844

                Actions (login required)

                View Item