UMSurabaya Repository

PENGARUH PUP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MI ROMLY TAMIM SURABAYA

Fitriyah, Siti Hajarul and Ratna Agustin, S.Kep., Ns., M. Kep and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes (2017) PENGARUH PUP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MI ROMLY TAMIM SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (545Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (160Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (474Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (378Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (302Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (91Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2981Kb)

                Abstract

                Kebiasaan menggosok gigi penduduk di Indonesia masih sangat rendah, terdapat 75,9% dari 54 anak di MI Romly Tamim Surabaya menggosok gigi dengan cara salah. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh Pop-Up Book terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang kebiasaan menggosok gigi pada anak usia sekolah di MI Romly Tamim Surabaya. Metode penelitian menggunakan quasy-experimental design dengan rancangan Non equivalent Control Group Design. Populasi sejumlah 54 siswa, sampel 48 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Variabel Independen yaitu Pop-Up Book, sedangkan variabel Dependennya yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan tentang kebiasaan menggosok gigi anak. Instrument yang digunakan lembar kuesioner pengetahuan, sikap dan tindakan. Data dianalisis dengan uji statistic Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann Whitney U Test dengan nilai signifikan ≤0,05. Hasil penelitian sebelum dan sesudah perlakuan menunjukan pengetahuan kurang 41,7% menjadi baik 87,5%, sikap negatif 54,2% menjadi positif 85,7% dan tindakan cukup 50% menjadi baik 87,5%. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan pendidikan kesehatan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,004) dan tindakan (p=0,000) pada kelompok perlakuan. Hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan ada perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,002) dan tindakan (p=0,000). Pendidikan kesehatan dengan media Pop-Up Book dapat menjadi media untuk perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan tentang kebiasaan menggosok gigi. Keywords : Pop-Up Book, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Menggosok Gigi

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: Users 270 not found.
                Date Deposited: 07 Nov 2017 02:37
                Last Modified: 07 Nov 2017 02:37
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/89

                Actions (login required)

                View Item