UMSurabaya Repository

PENERAPAN MATCHING COST AND REVENUE CONCEPT ATAS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN HUBUNGANNYA DENGAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN YANG WAJAR PADA CV. CELEBES TRANS

FATSA, UGI RIAYU and Drs. Ec. Ezif M. Fahmi W, Ak and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak (2014) PENERAPAN MATCHING COST AND REVENUE CONCEPT ATAS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN HUBUNGANNYA DENGAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN YANG WAJAR PADA CV. CELEBES TRANS. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (137Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (19Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (109Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (15Kb)
          [img]
          Preview
          PDF (BAB 4)
          Download (205Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (7Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (20Mb)

                Abstract

                Penyusun laporan keuangan harus sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yaitu laporan keuangan harus menyajikan posisi keuangan, kinerja keuangan, perubahan ekuitas dan arus kas perusahaan secara wajar dengan menerapkan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). Laporan keuangan yang disusun menurut Standar Akuntansi Keuangan harus menggunakan accrual basis (pengeluaran dan biaya-biaya yang diakui dan dibukukan pada periode tersebut berdasarkan pembayaran tunai serta pengeluaran atau penerimaan tidak tunai yang jatuh tempo pada periode tersebut) dan bukan dengan menggunakan cash basis (pengeluaran dan biaya-biaya diakui sebagai pengeluaran dan biaya-biaya pada periode tersebut berdasarkan realitas pembayaran tunai). Metode penelitian yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan kualitatif dengan menganalisis data. Metode yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam penulisan skripsi ini ialah dengan menerapkan matching cost and revenue concept (pengakuan pendapatan dan beban dalam satu periode yang sama). Sehingga sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Apabila matching cost and revenue concept ditetapkan, maka laporan keuangan yang disajikan dapat memberikan informasi keuangan yang wajar. Berdasarkan analisa dalam penelitian ini maka dapat diketahui bahwa permasalahan yang terjadi adalah perusahaan tidak menggunakan metode yang sama dalam pengakuan pendapatan dan beban. Yakni pendapatan diakui dengan menggunakan metode accrual basis sedangkan beban diakui dengan menggunakan meode cash basis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sebaiknya perusahaan menggunakan matching cost and revenue concept dimana beban diakui pada periode yang sama dengan periode pengakuan pendapatan, yakni dengan metode accrual basis sehingga beban yang dilaporkan tidak dalam kondisi lebih (overstate) atau dalam kondisi kurang (understate). Sehingga laporan keuangan yang disajikan dapat memberikan informasi keuangan yang layak tentang kinerja dan posisi keuangan perusahaan. Kata-kata kunci : Matching Cost And Revenue Concept.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 07 Nov 2017 09:44
                Last Modified: 07 Nov 2017 09:44
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/90

                Actions (login required)

                View Item