UMSurabaya Repository

Perbedaan Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Perokok Aktif dan Perokok Pasif Pada Warga di RT 03 / RW 02 Kelurahan Mulyorejo Surabaya

Bagus, Muhammad (2013) Perbedaan Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Perokok Aktif dan Perokok Pasif Pada Warga di RT 03 / RW 02 Kelurahan Mulyorejo Surabaya. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (721Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (14Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (190Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (108Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (357Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (152Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Registered users only

              Download (144Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Registered users only

                Download (268Kb)

                  Abstract

                  Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari tetapi kebiasaan seperti itu dapat memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Asap rokok yang dihirup perokok aktif maupun perokok pasif mengandung komponen gas dan partikel yang berbahaya seperti nikotin, tar, karbon monoksida dan lain-lain. Khususnya gas karbon monoksida (CO) yang perpengaruh negatif terhadap hemoglobin (Hb) dalam tubuh yang berperan penting dalam mengatur pertukaran oksigen dengan karbon monoksida dalam jaringan tubuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kadar hemoglobin pada perokok aktif dan peroko pasif pada warga di RT 03 / RW 02 Kelurahan Mulyorejo Surabaya. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar hemoglobin pada perokok aktif dan perokok pasif. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar hemoglobin pada warga perokok aktif dan perokok pasif pada warga di RT 03 / RW 02 Kelurahan Mulyorejo Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah perokok aktif dan perokok pasif pada warga di RT 03 / RW 02 Kelurahan Mulyorejo Surabaya yang berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 yang dikelompokkan menjadi 2 responden yaitu 30 perokok aktif dan 30 perokok pasif. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan metode Sodium Lauril Sulfat (SLS) Hemoglobin menggunakan alat Sysmex XS 800i. Hasil penelitian didapatkan bahwa kadar hemoglobin rata-rata pada 30 perokok aktif adalah 16,1 gr/dl sedangkan pada 30 perokok pasif adalah 14,12 gr/dl. dari hasil uji t-independent diperoleh nilai sign (2-tailed) = 0,000. Karena p< 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga ada perbedaan kadar hemoglobin pada perokok aktif dan perokok pasif yaitu pada perokok aktif kadar hemoglobinnya lebih tinggi dari pada perokok pasif.

                  Item Type: Thesis (Diploma)
                  Uncontrolled Keywords: Hemoglobin, perokok aktif dan perokok pasif
                  Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
                  Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Analis Kesehatan
                  Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                  Date Deposited: 16 Nov 2017 09:55
                  Last Modified: 21 Aug 2018 12:44
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/901

                  Actions (login required)

                  View Item