UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KONSEP TENGGELAM DAN TERAPUNG MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK “B” DI TK. AISYIYAH 58 SURABAYA

Kurniawati, Enik and Wahyui Suryaningtyas, S.Si,Si.M and Nur Indah Febriyanti, S.P.si, M.P.si (2015) PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KONSEP TENGGELAM DAN TERAPUNG MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK “B” DI TK. AISYIYAH 58 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (141Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (83Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (271Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (248Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (302Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (76Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2528Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengetahuan kognitif anak rendah dan pada saat anak berfikir anak malas bila diajak untuk berfikir yang agak kompleks, anak terkadang merasa terbebani dan kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendiskripsikan Peningkatan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam konsep tenggelam dan terapung melalui pendekatan saintifik dan untuk mendiskripsikan respon siswa mengenai pendekatan saintifik dalam konsep tenggelam dan terapung. Didalam penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Rincian Penelitian terbagi dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 58 Surabaya sebanyak 20 siswa. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik menunjukan adanya peningkatan. Dari siklus I diperoleh rata rata tingkat keberhasilan pertemuan pertama 59,17 % , pertemuan dua 75 %. Dan siklus ke II pertemuan pertama86,04 %, pertemuan kedua 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan saintifik dapat meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam konsep tenggelam dan terapung Kata Kunci : Kognitif, Konsep Tenggelam Dan Terapung, Saintifik,

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                L Education > L Education (General)
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 16 Nov 2017 11:05
                Last Modified: 16 Nov 2017 13:03
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/909

                Actions (login required)

                View Item