UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN MENUMBUHKAN KARAKTER PROFETIK SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

ASY’ARI, ASY’ARI and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Dra. Peni Suharti, M.Kes, (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN MENUMBUHKAN KARAKTER PROFETIK SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (367Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (170Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (335Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (292Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (537Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (204Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (88Kb)
                [img] PDF (Lampiran )
                Restricted to Repository staff only

                Download (1794Kb)

                  Abstract

                  Asy’ari. 2012. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dan Menumbuhkan Karakter Profetik Siswa SMAMuhammadiyah 3 Surabaya. Skripsi, Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes., Pembimbing II: Dra. Yuni Gayatri, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE),Hasil Belajar Biologi, Menumbuhkan Karakter Profetik Siswa. Guru mempunyai peranan penting dalam dalam dunia pendidikan, karena sosok guru tidak hanya sekedar mentransformasi pengetahuan intelektual kepada siswa, akan tetapi harus mampu mambangun karakter siswa yang selama ini masih cenderung anarkis dan dekradasi moral. Guru yang profesional selalu memberi tauladan yang baik dengan memberikan kesempatan siswa untuk mengaktualisasikan idealismenya untuk belajar aktif. Pembuktian dilapangan masih banyak Guru yang menggunakan metide-metode konvensional, sehingga siswa cenderung pasif dan terdoktrinasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu adanya modifikasi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu menumbuhkan karakternya. Atas dasar itulah maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran biologi dengan menggunakan desain pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan materi ekosistem dan menumbuhkan karakter profetik siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan peneltian menggunakan desain the non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-4 sebagai kelompok perlakuan dan siswa kelas X-1 sebagai kelompok kontrol. Dari hasil penelitian diolah dengan metode statistik Uji-t pada α = 0,05. Hasil analisis data diperoleh 0,02, iniberarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dalam penelitian ini selain mengetahui hasil belajar, peneliti menumbuhkan karakter profetik pada siswa dengan menggunakan model desain pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE). Dari data observasi karakter profetik yang dianalisis secara diskriptif kualitatif dapat diidentifikasi secara segnifikan. Selain itu, data yang diperoleh meliputi respon siswa terhadap pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kemudian data tersebut dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang segnifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE)dan menumbuhkan karakter profetik siswa SMA, dengan jumlah rata-rata ketuntasan secara klasikal berjumlah 94,4%, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelompok kontrol berjumlah 47,2%.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                  Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                  Depositing User: Users 320 not found.
                  Date Deposited: 07 Nov 2017 09:38
                  Last Modified: 07 Nov 2017 14:29
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/92

                  Actions (login required)

                  View Item