UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DIDIK MELALUI METODE BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS BANGKES KADUR PAMEKASAN

Hodija, Hodija and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DIDIK MELALUI METODE BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS BANGKES KADUR PAMEKASAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (75Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (37Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (87Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (116Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (364Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (19Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1088Kb)

                Abstract

                Subjek penelitian ini adalah siswa dari Al-Ikhlas kindegarden kelompok B di Bangkalan, Kadur, Pamekasan yang berisi dari 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan setiap tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. reaserach ini menggunakan observasi yang membentuk lembar observasi, dokumentasi, dan hasil kerja untuk mengumpulkan data. Metode analisis data yang yang digunakan adalah deskriptif dengan approachment kualitatif. penelitian tindakan kelas dilakukan dengan kolaboratif. Peneliti bertindak sebagai guru dalam penelitian ini dan rekan bertindak sebagai pengamat. Berdasarkan hasil diskusi yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa bermain plastisin dari tanah dapat meningkatkan kreativitas siswa dari Al-Ikhlas Kindegarden kelompok B di semester genap 2014/2015 di Desa Bangkes, Kec. Kadur, kab. Pamekasan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan frekuensi dan persentase terjadi pada kondisi awal dari 23 siswa yang kreatif hanya 3 anak-anak (13%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (61%) dan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (90%). Tindak lanjut dengan dua anak yang belum berhasil, lebih optimal dalam membimbing peneliti, peneliti mengadakan kunjungan rumah ke rumah siswa, peneliti menyarankan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anak dengan kasih sayang. Kata kunci: plastisin tanah, Capabality kreativitas.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 16 Nov 2017 15:32
                Last Modified: 16 Nov 2017 15:32
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/952

                Actions (login required)

                View Item