UMSurabaya Repository

ANALISA GERAKAN PITCHING KAPAL FIBER PERTAMINA MARINE REGION V SURABAYA 01 PADA KONDISI TRIM HALUAN

Bastian, Ronggo and Dedy Wahyudi, ST., MT and Teguh Putranto, ST., MT. (2015) ANALISA GERAKAN PITCHING KAPAL FIBER PERTAMINA MARINE REGION V SURABAYA 01 PADA KONDISI TRIM HALUAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1451Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (32Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (292Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (40Kb)
          [img] PDF (bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (74Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (2065Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (21Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Download (2176Kb)

                  Abstract

                  PT.PERTAMINA (Persero) memiliki puluhan armada kapal milik dan charter, untuk kegiatan distribusi bahan bakar di wilayah Indonesia. Untuk menunjang kegiatan tersebut, perusahaan ini memiliki aset kapal fiber tipe katamaran yang difungsikan untuk antar jemput crew kapal. Akan tetapi, saat ini kapal fiber tersebut tidak digunakan, karena kapal tersebut dalam keadaan tidak normal (Trim by Bow). Penelitian kali ini bertujuan untuk menghasilkan karakteristik kapal dengan gerakan pitching dan perhitungan intensitas air laut naik keatas deck ( deck wetness ) karena posisi haluan kapal yang lebih rendah dengan variable gelombang ( Hw : 0.5 m ; 1.0 m ; dan 1.5 m ). Metode analisa yang digunakan yaitu metode jonswap akibat pengaruh gelombang irregular terhadap gerakan kapal. Dari hasil analisa dapat disimpulkan gerakan pitching kapal terbesar terjadi pada gelombang 1,5 meter dengan nilai We 3.188 rad/s dan gerakan pitching terendah terjadi pada gelombang 0.5 meter dengan nilai We 3.460 rad/s. Sedangkan intensitas deck wetness terbesar terjadi pada gelombang 1.5 meter dengan periode gelombang naik keatas deck sebesar 415.905 / jam dengan probabilitas sebesar 0.0168 dan Probabilitas criteria yang ditetapkan pada NORDFORSK (1987) adalah maks. sebesar 0.05. Hasil tersebut diatas menunjukkan bahwa kapal fiber tersebut masih layak dioperasikan di wilayah kolam pelabuhan tanjung perak surabaya. Kata kunci : Trim by Bow, Pitching, Intensitas deck wetness.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: T Technology > T Technology (General)
                  Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                  08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                  Depositing User: Users 322 not found.
                  Date Deposited: 16 Nov 2017 09:41
                  Last Modified: 16 Nov 2017 09:41
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/962

                  Actions (login required)

                  View Item