UMSurabaya Repository

ANALISA PENGARUH KECEPATAN ANGIN TERHADAP PEMAKAIAN MATERIAL CAT PADA PEKERJAAN REPARASI KAPAL

MASRUDIN, DWI and Edi Rianto, ST., MT. and Hery Inpra setyobudi, ST (2014) ANALISA PENGARUH KECEPATAN ANGIN TERHADAP PEMAKAIAN MATERIAL CAT PADA PEKERJAAN REPARASI KAPAL. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (230Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (142Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (647Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (333Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (649Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (586Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (4Mb)

                Abstract

                Lambung kapal adalah bagian kapal yang paling rawan terserang korosi, sehingga bagian tersebut perlu untuk mendapat perhatian khusus dalam pengecatan. Penelitian tentang nilai loss pengecatan adalah penting untuk dilakukan, karena dari penelitian tersebut kita bisa mengetahui tentang presentase nilai hilang pada proses pengecatan, bisa mengetahui hubungan antara nilai loss pengecatan dengan kecepatan angin, serta untuk mengetahui tentang faktor yang paling dominan yang mempengaruhi nilai loss pengecatan tersebut. Teknik metode yang digunakan dalam menganalisa penelitian ini adalah dengan melakukan perhitungan teori dan melakukan pengamatan proses pengecatan di lapangan dan kemudian membandingkannya. Data hasil penelitian tersebut kemudian kita analisa tentang hubungan kecepatan angin yang berhembus pada waktu pengecatan dengan besaran nilai hilang pemakaian material cat tersebut. Sehingga dari penelitian tersebut, kita bisa tahu tentang besaran nilai kerugian pengecatan kapal dalam kondisi-kondisi kecepatan angin tertentu. Penelitian tentang proses pengecatan yang dilakukan pada kapal KMP “RODITHA” akhirnya kita dapat mengetahui bahwa pada kondisi kecepatan angin naik 1 km/jam diketahui pada jenis cat layer 1 dengan volume solid sebesar 73% kenaikan nilai hilang pengecatannya sebesar 5,31% dan pada jenis cat layer 2 dengan volume solid sebesar 57% maka kenaikan nilai hilang pengecatannya sebesar 5,74%. keywords: Lambung kapal, kecepatan angin, nilai hilang

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: T Technology > T Technology (General)
                Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 16 Nov 2017 17:24
                Last Modified: 16 Nov 2017 17:24
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/968

                Actions (login required)

                View Item