UMSurabaya Repository

PENGARUH STATEGI GURU DALAM MENGASAH IQ DAN EQ DALAM PEMBELAJARAN DI TKA NURUL HUDA GALIS PAMEKASAN

Hasanah, Nur and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENGARUH STATEGI GURU DALAM MENGASAH IQ DAN EQ DALAM PEMBELAJARAN DI TKA NURUL HUDA GALIS PAMEKASAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (128kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengasah IQ dan EQ anak melalui metode yang diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar di TK Nurul Huda Al Qur an Galis Pamekasan. Mengasah Iq dan strategi Persamaan dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan belajar anak, terutama di intelektual dan emosional. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif menggunakan Kemmis dan Mc. Model Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 anak kelompok B TK A Nurul Huda Galis Pamekasan yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak, yang mencakup kepekaan sosial tiga-dimensi, pemahaman sosial dan komunikasi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bahwa jika perhitungan persentase menunjukkan 75% dari anak-anak telah meningkat kecerdasan interpersonal melalui metode proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak meningkatkan kecerdasan interpersonal mereka setelah aksi mereka melalui metode proyek. Pada saat pengamatan pra tindakan, persentase kecerdasan interpersonal dari 46,6% meningkat 4,97% menjadi 51,57% dan pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 28,96% menjadi 80,53%. Langkah-langkah yang diambil sehingga anak-anak meningkatkan kecerdasan mereka antarpribadi: kegiatan pra-pembangunan, kegiatan pembangunan, dan kegiatan penutup. Memberikan pengarahan secara aktif dilakukan selama pengembangan dan reward pada saat penutupan. Kata kunci: IQ dan EQ, Strategi, Mahasiswa Nurul Huda TK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 04:51
Last Modified: 17 Nov 2017 04:51
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item