UMSurabaya Repository

The Relationship between Adversity Quotient and Early Childhood Cognition

Ratno Abidin, Ratno and ASY’ARI, ASY’ARI (2024) The Relationship between Adversity Quotient and Early Childhood Cognition. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12 (1). pp. 167-176. ISSN P-ISSN : 2613-9669 E-ISSN : 2613-9650

[img] PDF (Artikel)
Download (426kB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (513kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan berdampak pada kecerdasan anak yang rendah. Padahal adversity quotient sangat diperlukan anak usia dini agar dapat membantu mereka dalam mengatasi kesulitan yang sedang dihadapinya. Sejauh ini belum ditemukan penelitian yang membahas hubungan antara adversity quotient dengan kemampuan hasil belajar kognitif anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan adversity quotient dengan kemampuan hasil belajar kognitif anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 38 anak. Metode dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik inferensial denganbantuansoftware SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara adversityquotient sebagi variabel independent dengan prestasi belajar siswa sebagai variabel dependen, meskipun tidak kuat. Adversityquotientmemberikan kontribusi terhadap kemampuan kognitif belajar anak usia dini. Berdasarkan penghitungan analisa regresi (korelasional) antara kelompok variabel diperoleh kecerdasanadversity quotient memiliki hubungan terhadap kemampuan hasil belajar kognitif anak usia dini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adversity quotient berdampak pada hasil belajar kognitif anak usia dini. Penelitian ini berimplikasi pada pemberian pemahaman bahwa kecerdasan adversity quotient yang dimiliki siswa perlu ditingkatkan karena berpengaruh pada kemampuan kognitif mereka.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: RATNO ABIDIN ABIDIN
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:00
Last Modified: 26 Mar 2025 04:00
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10035

Actions (login required)

View Item View Item