Khoiroh, Fira Syahrotin (2023) Penerapan Model Problem Solving Berbasis STEM Dengan Media Chase In The Maze Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![]() |
PDF (Pendahuluan)
Download (323kB) |
![]() |
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab 4)
Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Salah satu penyebab pembelajaran menjadi pasif adalah karena pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai SKM. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis STEM dengan media chase in the maze. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis STEM dengan media chase in the maze khususunya pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa VII B SMP Negeri 55 Surabaya sebanyak 31 peserta didik. Adapun teknik analisis data dengan teknik kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving berbasis STEM dengan media chase in the maze meningkat dari siklus I hanya pada 83% menjadi 100% (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya pada 75% menjadi 80%, (3) Hasil rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I hanya 56,3% meningkat pada siklus II menjadi 80% ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya dengan diterapkan model pembelajaran Problem Solving berbasis STEM dengan media chase in the maze.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Sandha Soemantri, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Shoffan Shoffa, S.Pd. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | problem solving, model pembelajaran berbasis stem, media chase in the maze |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ika Budiyanti |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:25 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |