UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 23 TEMBOK DUKUH BUTULAN 7 KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA

Fitriah, Ida and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 23 TEMBOK DUKUH BUTULAN 7 KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (309kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Aisyiyah 23 Surabaya dan dilakukan dua siklus. Data penelitian ini adalah data kemampuan berbahasa anak. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar pengamatan dan tehnik pengumpulan data melalui observasi. Tehnik analisis data berupa angka dan diperoleh dengan menggunakan kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah instrumen kegiatan belajar mengajar mencapai 90 %. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Aisyiyah 23 Surabaya dengan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan berbahasa anak melalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Aisyiyah 23 Kecamatan Bubutan Surabaya dan bagaimana hasil perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok A TK Aisyiyah 23 Kecamatan Bubutan Surabaya. Tujuan penelitian adalah pengamatan dan pengumpulan data melalui observasi penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Penelitian bertempat di TK Aisyiyah 23 Surabaya dengan jumlah 19 anak. Menggunakan prosedur yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum, RKM, RKH, RPPH. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil pada siklus I rata – rata tingkat keberhasilan pertemuan siklus satu mencapai 60 % ,karena hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II dengan nilai rata – rata 90 % . Kesimpulannya, kemampuan berbahasa dapat di tingkatkan melalui pembelajaran bercerita dengan media gambar seri dan dapat di lihat pada hasil dari setiap siklus menunjukkan presentasinya meningkat. Kata kunci :Kemampuan berbahasa, media gambar seri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 10:22
Last Modified: 21 Nov 2017 10:22
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item