UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN SAWAH PULO TENGAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015 - 2016

Muzayanah, Muzayanah and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN SAWAH PULO TENGAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015 - 2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (389kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu bentuk kemampuan kemandirian anak adalah anak melakukan sesuatu secara mandiri (bekerja sendiri tanpa bantuan). Pada umumnya anak TK masih belum bisa mandiri dan secara khusus kondisi tersebut salah satunya adalah pengaruh dari rendahnya kreatifitas guru dalam pembelajaran kepada anak. Di sisi lain, rasa kurang percaya diri, tidak mempunyai tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, dan tidak bisa sendiri menyelesaikan tugasnya selalu melingkupi diri anak pada setiap pembelajaran berlangsung. Fenomena ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahan. Penelitian ini memfokuskan pada kemandirian anak TK dalam menciptakan bentuk banggunan dari balok secara mandiri, mengerjakan tugas sendiri mewarnai gambar rumah dari balok, mematuhi aturan permainan balok dan mengembalikan balok pada tempatnya. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak pada kelompok A melalui bermain balok Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clssroom action research) yang meliputi dua siklus: tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa setelah di berikan tindakan pembelajaran melalui bermain balok dapat meningkatkan kemandidian anak. Pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II mencapai 86%. Perilakuk yang ditunjukkan anak pun berubah setelah di beri tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin percaya diri setiap tindakan di dalam kelas. Kata kunci: Kemandirian Anak, bermain balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 11:37
Last Modified: 21 Nov 2017 11:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item