UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL IKHLAS KADUR PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Indrayanti, Eni Dwi and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2016) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL IKHLAS KADUR PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (87kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui metode proyek pada anak kelompok B TK Al Ikhlas Kadur Pamekasan. Metode proyek ini terpilih karena dapat mendorong anak-anak untuk meningkatkan kepekaan sosial, pemahaman sosial dan komunikasi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah 15 anak dalam kelompok Al Ikhlas TK di Kadur Pamekasan yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 perempuan. Objek penelitian ini bahwa kecerdasan antar-pribadi anak, yang mencakup kepekaan sosial tiga-dimensi, pemahaman sosial dan komunikasi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bahwa jika perhitungan persentase menunjukkan 75% dari anak-anak telah meningkat kecerdasan interpersonal melalui metode proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak meningkatkan kecerdasan interpersonal mereka setelah aksi mereka melalui metode proyek. Pada saat pengamatan pra tindakan, persentase kecerdasan interpersonal dari 46,6% meningkat 4,97% menjadi 51,57% dan pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 28,96% menjadi 80,53%. Langkah-langkah yang diambil sehingga anak-anak meningkatkan kecerdasan mereka antarpribadi: kegiatan pra-pembangunan, kegiatan pembangunan, dan kegiatan penutup. Memberikan pengarahan secara aktif dilakukan selama pengembangan dan reward pada saat penutupan. Kata kunci: Anak-anak kecerdasan interpersonal, proyek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 12:06
Last Modified: 21 Nov 2017 12:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item