UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III MIM SEKARALAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ernawati, Ernawati and Dr. Dra. Sujinah, M.Pd and Ngatma’in, S.Pd, M.pd (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III MIM SEKARALAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (322kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas III MIM Sekaralas Tahun Pelajaran 2014/2015.Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, angket, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan kearah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut.1) Aktivitas guru dalam menyiapkan materi pembelajaran menulis puisi terus meningkat. 2) penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, semangat dari siswa, dan focus siswa kepada pembelajaran. 3) Peningkatan hasil dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata kemampuan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa saat siklus I adalah 60,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,66. Peningkatan skor akhir siklus I dan siklus II adalah 11,66. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi siswa kelas III MIM Sekaralas telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun hasil setelah diberi tindakan menggunakan media gambar. Kata kunci : media gambar, menulis puisi, siswa MIM Sekaralas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 22 Nov 2017 10:38
Last Modified: 22 Nov 2017 10:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item