UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 9 WARU SIDOARJO

DWI JAYANTI, RIZKI and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 9 WARU SIDOARJO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (436kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (85kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode Course Review Horay pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 9 Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas siswa, evaluasi akhir siklus dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,17 meningkat pada siklus II menjadi 77,60. Kemudian terlihat dari peningkatan rata-rata persentase observasi aktifitas siswa pada siklus I sebesar 54,49% dengan kategori cukup baik meningkat menjadi 66,89% pada siklus II dengan kategori baik. Serta meningkatnya persentase hasil angket respon siswa terhadap metode Course Review Horay dari sebesar 78% pada siklus I menjadi 84% siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan metode Course Review Horay dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa, serta memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Course Review Horay.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:23
Last Modified: 24 Nov 2017 07:23
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item