UMSurabaya Repository

PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII-B SMP AL-FATAH SURABAYA

YASIN, AHMAD and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2014) PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII-B SMP AL-FATAH SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (491kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (236kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang selama ini berlangsung masih relatif monoton. Akibatnya siswa kurang respek terhadap matematika. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang inovatif. Metode penemuan terbimbing adalah salah satu metode yang dapat digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa setelah menggunakan teori belajar Bruner dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Al-Fatah Surabaya yang terdiri dari 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan teori Bruner dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Al-Fatah Surabaya.Hal ini terlihat dari hasil tes belajar meningkat 37,9% dari data sebelum tindakan. Aktivitas siswa dalam kemampuan afektif 100% siswa mencapai kategori baik dan sangat baik, dengan rincian 86,4% siswa mencapai kategori sangat baik dan 13,6% mencapai kategori baik. Kemampuan psikomotor 72,7% siswa mencapai kategori sangat baik dan 13,6% siswa mencapai kategori baik. Respon siswa membaik dari sebelum tindakan. Kata kunci:pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar, aktivitas belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:29
Last Modified: 24 Nov 2017 07:29
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item