Fajriyah, Fitri and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Amiq Fikriyati, S.Pd, M. Pd (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN SOAL DENGAN SISTEM BERURUT (SYSTEMATIC QUESTION SYSTEM) DAN SOAL DENGAN SISTEM ACAK (RANDOM QUESTION SYSTEM) DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU MENYONTEKDAN MENGUKURKETERCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (67kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (42kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (87kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (62kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab 5)
Download (13kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fajriyah, Fitri. 2015. Keefektifan Penggunaan Soal dengan Sistem Berurut (Systematic Question System) dan Soal dengan Sistem Acak (Random Question System) dalam Meminimalisir Perilaku Menyontek dan Mengukur Ketercapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Surabaya : Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I : Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes, Pembimbing II : Amiq Fikriyati, S.Pd, M.Pd. Di masa sekarang peserta didik di sekolah menengah masih melakukan kegiatan menyontek dalam mengerjakan soal. Soal dalam bentuk acak dapat dijadikan alternatif untuk menghindari perilaku menyontek pada peserta didik ketika mengerjakan soal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan soal dengan sistem berurut (Systematic Question System) dan soal dengan sistem acak (Random Question System)dalam meminimalisir perilaku menyontek dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan True Experimental dengan dua sampel kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Rancangan penelitian Posttest Only Control Design.Kelompok eksperimen menggunakan jenis soal dengan sistem acak (Random Question System) dan kelompok kontrol menggunakan jenis soal dengan sistem berurut (Systematic Question System). Analisis data secara deskriptif, dan hasil belajar menggunakan uji Mann Whitney Test (U). Hasil Penelitian diperoleh persentase perilaku menyontek di kelas kontrol 7% dan kelas eksperimen 8%, hal ini dapat dilihat dari kriteria telah ditentukan. Perhitungan Uji U diperoleh bahwa ada perbedaan yang nyata antara hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen karena p=0,000 (p<α), penggunaan soal dengan sistem berurut (Systematic Question System) dan soal dengan sistem acak (Random Question System) sangat efektif dalam meminimalisir perilaku menyontek dan ada perbedaan hasil belajar peserta didik di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Kata Kunci : Perilaku Menyontek, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 08:42 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 08:42 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
View Item |