UMSurabaya Repository

Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al – Islam di Kelas III SD Muhammadiyah 26 Surabaya

Wahyuni, Ayu Nur (2016) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al – Islam di Kelas III SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (240kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (156kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen kelas telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi guru di dunia pendidikan, terutama saat guru berada di kelas untuk menumbuhkan siswa mereka. Ini bukan hanya setting di kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan memelihara suasana dan kondisi kelas. Oleh karena itu, belajar mengajar bisa berlangsung efektif. Manajemen kelas diharapkan dapat mempermudah tugas guru untuk mendapatkan hasil maksimal dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Subyek Kelas 7 SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Guru perlu mengetahui Lesson Planning, implementasi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis untuk mengetahui dan menginterpretasikan data. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Subjek Belajar Al - Islam di SD Muhammadiyah 26 Surabaya telah berjalan dengan baik, namun kurang maksimal. Faktor penyebab belajar al-Islam, adalah tersedianya infrastruktur. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keragaman kecerdasan siswa sehingga memperlambat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah studi tentang Al-Islam di SD Muhammadiyah 26 Surabaya kelas 3 yang hampir terlaksana dengan baik, namun belum maksimal. Siswa kelas III A dan III C mengalami peningkatan, sedangkan kelas III B berfluktuasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Mata Pelajaran Al – Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:24
Last Modified: 25 Jul 2018 04:15
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item