UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL-IHSAN KRIAN MELALUI PENDEKATAN CTL PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS

SHOLIHATIN, SHOLIHATIN and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Agus Solikin, S. Pd, M. S.I (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL-IHSAN KRIAN MELALUI PENDEKATAN CTL PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (280kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini siswa kurang disuguhkan dengan permasalahan- permasalahan kontekstual sehingga siswa tidak memahami kegunaan dari materi yang dipelajari. Kondisi tersebut tampak lebih parah pada pembelajaran geometri. Siswa hanya mengenal objek-objek geometri dari apa yang digambar oleh guru di papan tulis atau dalam buku paket matematika, akibatnya banyak siswa yang berpendapat bahwa konsep-konsep geometri sangat sulit dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa MTs AL-Ihsan Krian dengan pendekatan CTL, aktivitas belajar siswa dengan pendekatan CTL, serta respon siswa dengan pendekatan CTL. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIIIA MTs AL-Ihsan Krian. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata–rata matematika pada siswa kelas VIIIA MTs AL-Ihsan Krian dari 70,88 menjadi 72,91 pada siklus 1 dan 75,85 pada siklus 2. Terjadi peningkatan aktivitas siswa dimana pada siklus 1 pada tahap kontruktivisme dan tahap pemodelan siswa cukup baik menjadi baik pada siklus II dan siswa yang aktif 20% menjadi 29% pada siklus II.Hasil angket menunjukkan bahwa siswa cenderung merespon setujudengan pendekatan CTL ini. Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang terhadap proses pembelajaran menggunakan model ini. Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan CTL, Bangun Ruang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:51
Last Modified: 27 Nov 2017 01:51
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item