UMSurabaya Repository

PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

HADI, SEPTIAN RANDRA and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (157kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Proses Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika. Era globalisasi di bidang pendidikan saat ini menuntut manusia untuk meningkatkan kualitas berpikirnya dalam menghadapi serta menyelesaikan masalah sehari-hari di berbagai bidang kehidupan. Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Salah satu cara untuk mengajarkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menghadapkannya pada suatu pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika yang mengacu pada indikator berpikir kritis, yaitu mengidentifikasi fokus masalah dan pertanyaan; merumuskan pokok-pokok permasalahan; menentukan akibat dari suatu ketentuan yang diambil; menganalisis informasi, mengevaluasi, dan membuat keputusan; menarik kesimpulan; dan menghasilkan argumen. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang dipilih dari masing-masing kelompok kemampuan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi hanya memenuhi 4 indikakor berpikir kritis pada soal nomor 1 dan 2. Siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi 4 indikakor berpikir kritis pada soal nomor 1 dan hanya memenuhi 2 indikator berpikir kritis pada soal nomor 2. Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi 1 indikakor berpikir kritis pada soal nomor 1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:56
Last Modified: 27 Nov 2017 01:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item