UMSurabaya Repository

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Menggunakan Model Koopertaif TIPEstudent Teams- Achivement Division (STAD) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Payaman Solokuro Lamongan

Ningsih, Irma Nur Alfiyah (2016) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Menggunakan Model Koopertaif TIPEstudent Teams- Achivement Division (STAD) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Payaman Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (283kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (93kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam terdapat dalam rumusan masalah sebagai berikut, Bagaiman cara guru menerapkan model kooperatif tipe STAD kepada peserta didik agar dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Muhammadiyah 01 Payaman? Bagaimana aktifitas siswa dalam pembelajaran metode kooperatif tipe STAD pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MI Muhammadiyah 01 Payaman? Bagaimana hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD di MI Muhammadiyah 01 Payaman? Metode dalam Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas classroom action research. Penelitian tindakan adalah suatu proses penelitian yang bertujuan mengembangkan metode yang paling efesien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas suatu lembaga. Penelitian tindakan dalam konteks perusahaan, menerapkan metode kerja baru yang akan diujicobakan kepada kariyawan secara terus menerus dalam pelaksanaan penelitian. Sehingga, sampai ditemukan metode kerja paling efesien untuk dilaksanakan. Atau penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Hasil penelitian ini menggunakan 2 siklus dan akan dipaparkan per siklusnya, dalam setiap siklus tindakan pembelajaran diuraikan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, karena pada siklus ke 2 hasil belajar yang diperoleh siswa sudah mencapai KKM yang telah ditentukan. Adapun kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan yaitu selama 4 kali pertemuan, 1 siklus terderi dari 2 pertemuan. Sedangkan data yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus 1 pada pertemuan ke 1 dalam pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, peneliti mendapat 60% ketercapaian dari seluruh aspek yang harus terlakasana. Pada pertemuan ke 2, mendapat 80% ketercapaian dari seluruh aspek yang harus terlaksana siklus 2 pada pertemuan ke 3, mendapat 100% ketercapaian dari seluruh aspek yang harus terlaksana. Dan pertemuan ke 4, hasil yang didapat sama dengan pertemuan sebelumnya yaitu 100% yang artinya dalam pelaksanaan tetap dan stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan prestasi belajar SKI, model koopertif tipe STAD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 05:55
Last Modified: 25 Jul 2018 04:13
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item