UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI KUBUS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

HASANAH, MAZIDAH NUR and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Drs. Sodikin M.Satuin, M.si (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI KUBUS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (628kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi kubus di kelas VIII berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Proses penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Penelitian lembar kerja siswa dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari dua orang dosen dan seorang guru matematika. Penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini diujicobakan di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya semester genap tahun pelajaran 2013/2014 pada tanggal 1-8 April 2014. Hasil penelitian diperoleh rata-rata total validasi dari aspek kelayakan isi, bahasa, dan penyajian sebesar 4,29 dalam kategori sangat valid. Penilaian lembar kerja siswa dari ketiga validator menyatakan lembar kerja siswa dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 30 siswa dari 34 siswa dinyatakan tuntas, sehingga persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 88,23%. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 82, 51% dalam kategori sangat kuat. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa lembar kerja siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dinyatakan layak. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, PMR, Kubus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:07
Last Modified: 27 Nov 2017 06:07
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item