UMSurabaya Repository

MERANCANG ALAT PERAGA TERBUAT DARI KARDUS BEKAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER ENTREPRENEUR KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

EFENDY, AHMAD and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) MERANCANG ALAT PERAGA TERBUAT DARI KARDUS BEKAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER ENTREPRENEUR KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (52kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Standart ketuntasan minimum (SKM) SMP Muhammadiyah 2 Surabaya untuk pelajaran matematika kelas VIII adalah ≥ 80, Namun pada kenyataanya nilai rata-rata siswa ≤ SKM. Hal ini terlihat dari 32 siswa, hanya 17 siswa yang tuntas atau sebesar 53,12 %, dengan nilai rata-rata 73,06. Disamping itu kekreatifan siswa yang menjadi indikator tumbuhnya karakter entrepreneur belum tumbuh sejak dini, perlu pembelajaran yang bisa membuat siswa semakin aktif dan kreatif sehingga tumbuh karakter entrepreneur. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang penggunaan rancangan alat peraga dari kardus bekas sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika berbasis karakter entrepreneur pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pelaksanaan. Pada penelitian ini peneliti melakukan obervasi untuk mengamati pertumbuhan karakter entrepreneur pada siswa. Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII G mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan siswa sebelum tindakan sebesar 53,12% atau 17 siswa meningkat menjadi 71,87% atau sebanyak 23 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II 87,5 % siswa tuntas dengan rata-rata 86. Dari hasil Observasi pada saat penelitian peningkatan karakter entrepreneur dari siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 5,47 berarti meningkat sebesar 27,35%. Kata Kunci: Kooperatif, Merancang Alat Peraga, Hasil Belajar, Nilai Karakter Entrepreneur

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:19
Last Modified: 27 Nov 2017 06:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item