IKRIMAH, BELA and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (274kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendekatan Scientificdalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika yang meliputi : (1) perencanaan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013, (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013, serta (4) faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran matematika, siswa kelas X MIA 5 yang berjumlah 38 siswa beserta Silabus dan RPP. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dokumentasi, observasi, angket dan wawancara. Untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu serta ketekunan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Silabus kurikulum 2013 dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. RPP yang digunakan oleh guru dibuat sebelum pembelajaran dilaksanakan, komponen-komponen yang ada pada RPP tersebut sudah sesuai dengan kurikulum 2013 termasuk metode dan Pendekatan Scientific yang terkandung di dalam nya. Pada saat pelaksanaan proses pembelajaran, Pendekatan Scientific sudah terlaksana dengan baik. Respon siswa saat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Scientific berlangsung efektif dan terlaksana dengan baik. Kata kunci :Kurikulum 2013, Penerapan Pendekatan Scientific, Respon Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:26 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:26 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1502 |
Actions (login required)
View Item |