Fathullah, Ahmad (2016) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 19 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (419kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (278kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (402kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (150kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (110kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
Latar belakang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru sangatlah besar. Mengingat dengan kepemimpinan yang baik, kepala sekolah diharapkan mampu mempengaruhi dan menggerakkan para guru guna meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme guru di SD Muhammadiyah 19 Surabaya, pelaksanaan Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme guru di SD Muhammadiyah 19 Surabaya, faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut di SD Muhammadiyah 19 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme gurumenggunakan beberapa strategi: Memotifasi para guru, menumbuhkan disiplin, terutama disiplin diri, Penghargaan atau hadiah, Pembinaan – pembinaan kepada guru. Pelaksanaan strategi tersebut dalam meningkatkan Profesionalisme guru yaitu dengan pelaksanaan motivasi kepada para guru dengan menciptakan situasi dan kerjasama yang harmonis antar guru, melibatkan guru dalam setiap kegiatan sekolah, Pembinaan disiplin dengan cara memberi pengarahan, menjadi teladan bagi guru dan para peserta didik. Selain itu juga mengadakan dan menyuruh guru untuk mengikuti seminar dan pelatihan, memberi kesempatan kepada para guru untuk melanjutkan pendidikan, menempatkan guru pada proporsi yang tepat, pelaksanaan penghargaan atau kesejahteraan kepada guru untuk meningkatkan kinerja yaitu: pertama peningkatan kesejahteraan mental dengan cara menciptakan iklim sekolah yang aman, damai, menerapkan prinsip kekeluargaan. Faktor – faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi yaitu fisiologis, rasa aman, kasih sayang, kebutuhan akan dihargai, dan aktualisasi diri. Faktor – faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut yaitu Tidak semua guru menguasai kurikulum yang sekarang ini sedang digunakan, Masih ada beberapa guru yang belum disiplin dalam mengajar, ada rasa segan ketika hendak menegur kepada guru yang lebih tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah Profesionalisme |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 08:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 03:46 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
View Item |