UMSurabaya Repository

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH TENTANG IBADAH HAJI DI KELAS 6 MADRASAH DINIYAH IBTIDAIYAH (MDI) SAFINATUL HUDA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Laily, Zulfatul and Dr. Arfan Mu’ammar, , M.Pd I (2015) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH TENTANG IBADAH HAJI DI KELAS 6 MADRASAH DINIYAH IBTIDAIYAH (MDI) SAFINATUL HUDA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (213kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (88kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Minat belajar fiqih ibadah haji dan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih tentang ibadah haji dengan metode demonstrasi di kelas VI MDI Safinatul Huda Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkanminat belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih haji di kelas VI MDI Safinatul Huda Gunung Anyar Surabaya ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat kita ketahui dari meningkatnya minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar maupun dalam mengerjakan soal latihan. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VI MDI Safinatul Huda Kecamatan Gunung Anyar Surabaya , Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 24 siswa. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi : pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan dua siklus (4 kali pertemuan).Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Fiqih meningkat dari 48,26% pada siklus I menjadi 71,52% pada siklus II. Prestasi hasil belajar juga meningkat dari 69,42% pada siklus I menjadi 74,79% pada siklus II. Maka penerapan metode demonstrasidapat meningkatkan hasil prestasi belajar Fiqih haji pada siswa kelas VI MDI Safinatul Huda Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran : Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh agar proses belajar mengajar Fiqih lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan saran sebagai berikut : Guru hendaknya berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif, salah satunya dengan menggunakan metode demonstrasi menggunakan sumber dan media pembelajaran yang tersedia dalam proses belajar mengajar serta perlu adanya penelitian yang lebih lanjut agar prestasi belajar siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 09:46
Last Modified: 27 Nov 2017 09:46
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item