UMSurabaya Repository

PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DIDIK DENGAN MODEL BELAJAR SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL HIKMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ruminah, Ruminah and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DIDIK DENGAN MODEL BELAJAR SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL HIKMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (207kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan menggunakan model pembelajaran sentra di Taman Kanak-Kanak Islam Terapan Al-Hikmah Surabaya merupakan upaya untuk memberikan dukungan dan kemauan agar siswa dapat melakukan aktivitas berdasarkan kebutuhannya. Permasalahan penelitian adalah peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan menggunakan model pembelajaran sentra dan keberhasilan peran mereka dalam memberikan pembelajaran bergerak dengan menggunakan model pembelajaran di TK Terapan Syariah Al-Hikmah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan sistematik tentang proses belajar mengajar yang terkait dengan masalah penelitian, dan reduksi data. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Terapan Islam Al-Hikmah Surabaya. Objek penelitian adalah peran guru TK Terapan di Al-Hikmah Surabaya untuk memberi motivasi belajar kepada siswa dalam model pembelajaran sentra sehingga siswa dapat mencapai standar keberhasilan pendidikan atau standar kompetensi pascasarjana. Hasilnya adalah tiga elemen peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan menggunakan model pembelajaran sentra di Taman Kanak-Kanak Islam Terapan Al-Hikmah Surabaya, yaitu guru sendiri, siswa, dan orang tua siswa. Keberhasilan peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan menggunakan model pembelajaran sentra di TK Islam Terintegrasi Al-Hikmah Surabaya adalah munculnya antusiasme dan semangat siswa dalam menyelesaikan setiap kepadatan di sentra setiap hari. Kata kunci: model sentra, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:17
Last Modified: 28 Nov 2017 02:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item