Linda Puspita , Christina and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) PenerapanPembelajaranMatematikaRealistikPadaPokokBahasanBangunRuangSisiDatarBalok Dan KubusUntukMeningkatkanHasilBelajarPadaSiswa. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (278kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMP AL - ISLAM KRIAN untuk pelajaran matematika kelas VIII adalah ≥77,53. Tetapi pada kelas VIII A nilai rata – rata siswa ≤ KKM. Hal ini terlihat 26 siswa dari 39 siswa atau 66,7% siswa mencapai KKM. Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pelaksanaan. Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII A mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari siswa tuntas sebelum tindakan sebesar 66,7% atau 26 siswa meningkat menjadi 79% atau sebanyak 31 siswa yang tuntas dengan rata – rata 79,7. Sedangkan pada siklus II 90% siswa tuntas degan rata-rata 81,9. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 08:47 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 08:47 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1619 |
Actions (login required)
View Item |