Amaly, Zaim (2015) Bimbingan Orang Tua Dalam Lingkungan Keluarga dengan Prestasi Membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (432kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (620kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (477kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (438kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (187kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
Abstract
Orang tua adalah awal dimana seorang anak mulai belajar. Untuk itu peran orang tua dalam mendidik anak sangat diperlukan. Dalam memberikan pendidikan pada kepada seorang anak, orang tua dapat mewujudkannya dalam hal membimbing anak pada proses belajar. Bimbingan belajar yang dilakukan oleh orang tua ketika di rumah, dapat membantu anak dalam memahami pelajaran dan peningkatan prestasi belajar di sekolah. Dari gambaran latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang dapat dikemukakan adalah : (1) Bagaimana bimbingan orang tua di lingkungan keluarga dalam membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. (2) Bagaimana prestasi membaca Al-Qur’an siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. (3) Adakah hubungan antara bimbingan orang tua di lingkungan keluarga dengan prestasi membaca Al-Qur’an siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bimbingan orang tua di lingkungan keluarga dalam membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. (2) Untuk mengetahui prestasi membaca Al-Qur’an siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. (3) Untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua di lingkungan keluarga dengan prestasi membaca Al-Qur’an siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field Research)dan bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode survey dengan teknik analisis korelasional untuk mencari hubungan antara variabel Bimbingan orang tua dengan variabel Prestasi membaca Al-Qur’an. Dengan menggunakan rumus Product Moment. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Bimbingan yang dilakukan orang tua berupa penyediaan fasilitas, pendampingan, pemberian nasihat, pemberian semangat, dan pemberian perhatian. (2) Prestasi membaca al-qur’an pada siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya baik, itu terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 82,17. (3) adanya hubungan positif yang signifikan antara bimbingan orang di lingkungan keluarga dengan prestasi membaca al-qur’an siswa kelas V dan VI SD Muhammadiyah 10 Kapasan Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang Tua, Prestasi membaca Al-qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 05:14 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
View Item |