UMSurabaya Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Siswa SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya

Afrodli, Humam (2015) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Siswa SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (394kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah karena penulis melihat bahwa pada zaman sekarang ini, banyak masyarakat yang kurang memahami akidah agama Islam sehingga dibutuhkan da’i yang profesional untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Penelitian tentang Implementasi Pendidikan Da’i dilakukan di Ma’had Aly Muhammad Natsir Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum pendidikan da’i, pelaksanaan pembelajaran da’i, implementasi kurikulum pendidikan da’i, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan da’i di Ma’had Aly Muhammad Natsir Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara triangulasi. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian menunjukkah bahwa Kurikulum pendidikan da’i di Ma’had Aly Muhammad Natsir Surabaya adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tinggi (KTSPT). Implementasi atau pelaksanaan kurikulum pendidikan da’i di Ma’hadAly Muhammad Natsir surabaya dilakukan sebagaimana pelaksanaan kurikulum di perguruan tinggi yang lain, kemudian di perbanyak dengan praktikum dakwah secara bertahap, seperti pengiriman da’i tahunan, pengisian materi kultum subuh setiap hari dan khutbah jumat.Diantara hasil implementasi kurikulum pendidikan da’i di Ma’had Aly Muhammad Natsir adalah menghasilkan alumni yang memiliki spesifik keilmuan dalam bidang Al-Qur’an dan Al-Hadits. Faktor pendukung diantaranya adalah adanya Adanya ustadz atau dosen yang cekatan dalam setiap bidangnya dan salah satu faktor penghambat adalah Tingginya kemalasan santri yang perlu perhatian secara khusus dari para ustadz Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengasuh dan dosen, terutama dalam memberikan motivasi dan semangat kepada para santri dalam meningkatkan belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, Pendidikan Da’i
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 09:12
Last Modified: 22 Jul 2024 05:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item