UMSurabaya Repository

APLIKASI PEMBERIAN KONSEP DISERTAI UMPAN BALIK DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK GIKI 1 SURABAYA TAHUN AJARAN 2012-2013

Hendra Kusuma, Adi Rahayu and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2013) APLIKASI PEMBERIAN KONSEP DISERTAI UMPAN BALIK DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK GIKI 1 SURABAYA TAHUN AJARAN 2012-2013. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (50kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] PDF (BAB 6)
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Umpan balik, Prestasi Belajar, Respon siswa Permasalahan yang terjadi pada kelas X Multimedia di SMK GIKI 1 Surabaya adalah rata-rata prestasi belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal (SKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Adapun penyebab hal itu adalah siswa tidak dapat menguasai konsep dasar dari materi matematika yang dipelajari, sehingga mereka merasa kesulitan setiap masuk materi baru akibatnya para sisiwa tidak dapat menyelesaikan soal-soal yang lebih bersifat aplikasi. Oleh karena itu pemberian konsep disertai umpan balik perlu diterapkan pada pembelajaran matematika. Melalui pemberian konsep disetai umpan balik siswa diharapkan dapat menguasai dan menerapkan konsep yang mereka dapat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang hasilnya disajikan dalam bentuk analisa kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MM 5 SMK GIKI 1 Surabaya. Data dalam penelitian ini adalah hasil pretest, posttest dan respon siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan prestasi siswa terjadi saat pembelajaran matematika dengan pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan. Selain itu siswa terlihat lebih aktif dan mudah memahami materi yang dipelajari dengan diterapkannya pemberian konsep disertai umpan balik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 09:47
Last Modified: 28 Nov 2017 09:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item