UMSurabaya Repository

Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo

Hidayati, Nurul (2015) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (155kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (134kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa ( YME ), diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Dan pendidikan karakter di sekolah dapat membentuk peserta didik untuk menjadi manusia unggul yang berakhlak mulia.Nabi Muhammad Saw dalam salah satu sabdanya mengisyaratkan bahwa kehadirannya di muka bumi ini membawa misi pokok untuk menyempurnakan akhlak manusia yang mulia.Oleh karena itu penerapan nilai-nilai karakter di sekolah haruslah di integrasikan pada seluruh kegiatan sekolah terutama pada saat KBM.Nilai-nilai karakter ini dapat di integrasikan melalui pembelajaran agama Islam, sehingga guru harus dapat memastikan bahwa pembelajaran agama Islam telah memberikan penerapan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo, dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka penelitian ini tidak menggunakan hipotesis.Akan tetapi merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo secara global tergolong sudah baik. Dan dapat terealisasi semua melalui lima aspek yaitu melalui al Qur’an, aqidah, akhlak, fiqih, dan tarikh & kebudayaan Islam. (2) Faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran agama Islam di SMP Al Fattah Sidoarjo terdiri dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yakni: a. Faktor internal meliputi faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambat adalah keterbatasan kemampuan pemahaman mengenai agama Islam setiap siswa berbeda, keterbatasan waktu yang membuat pembelajaran agama Islam kurang maksimal.Sedangkan faktor pendukung adalah adanya motivasi siswa, dan kemampuan guru. b. Faktor eksternal meliputi faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat adalah media massa (internet) di salah gunakan oleh siswa. Sehingga tidak tertimbul ke hal yang positif melainkan hal negatif.Ketidakharmonisan keluarga, dan kekurangpedulian orang tua.Sedangkan faktor pendukung adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa, dan adanya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 10:17
Last Modified: 25 Jul 2018 07:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item