UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UM SURABAYA

Martati, Badruli and Hendarwati, Endah and Wahono, Wahono and Febrianti, Nur Indah and Aris Setiawan, Aris (2013) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UM SURABAYA. Didaktis : Jurnal Pendidikan , 13 (3). pp. 77-84. ISSN 1412-5889

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan dimana peran dosen sangat dominan membawa dampak pada kurang mandirinya mahasiswa. Kondisi tersebut tidak sesuai dengan konsep tentang diri peserta didik sebagai pebelajar andragogi, dimana mahasiswa telah mampu mengarahkan diri sendiri, mempunyai pengalaman beragam, siap belajar sebagai akibat dari posisinya dalam transisi perkembangan, menyenangi pembelajaran problem-centered atau performance-centered. Penerapan pembelajaran Student Active Learning (SAL), dipandang sesuai untuk pebelajar andragogi, disamping itu dapat pula disisipkan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Melalui Lesson Study kegiatan pebelajaran SAL dapat diaplikasikan dengan memberikan muatan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Oleh karena Lesson Study bersifat positif bagi mahasiswa dan dosen yang nampak pada sikap dosen yang mau mengkoreksi diri sendiri, terbuka terhadap orang luar, mau mengakui kesalahan, mau memakai ide orang lain dan mau memberi masukan yang jujur dan enuh respek. Kata kunci : lesson study, pembelajaran, andragogi, karakter

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:30
Last Modified: 28 Feb 2018 10:53
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item