MUSTAMIK, MUSTAMIK and Dra. Chusnal Ainy, M. Pd and II. Wahyuni Suryaningtyas,, S.Si, M. Si (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN IRISAN HIMPUNAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 17 PLUS SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (453kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mustamik, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Teams-Games-tournament (TGT) Pada Pembelajaran Irisan Himpunan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Plus Surabaya. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.pd, Pembimbing II: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si, M.Si Rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika merupakan permasalahan yang terjadi di kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Plus Surabaya. Adapun salah satu penyebabnya adalah pelaksanaan pada pembelajaran yang selalu berpusat pada guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan belajar yang dicapai dalam pembelajaran irisan himpunan dengan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Plus Surabaya. (2) Mengetahui Aktivitas Guru dan Siswa selama pembelajaran irisan himpunandengan menggunakan metode Teams Games Tournament(TGT). (3) Mengetahui respon siswa selama mengikuti pembelajaran irisan himpunan dengan metode Teams Games Tournament (TGT) Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yang terkait dengan irisan himpunan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Pada siklus I Presentase ketuntasan sebesar 65%. Sementara itu, Pada siklus II 92%. Sehingga terjadi peningkatan presentase sebesar 27%. . Sementara itu aktivitas guru dan siswa dinyatakan sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi irisan himpunan di kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Plus Surabaya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka disarankan agar dalam pembelajaran matematika menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TGT Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 09:44 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 09:44 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/200 |
Actions (login required)
View Item |