UMSurabaya Repository

Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keterampilan Meringkas Teks yang Dibaca Siswa Kelas VI SDN Tanah Kalikedinding I-251 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017

Mudjijanto, Janny (2017) Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keterampilan Meringkas Teks yang Dibaca Siswa Kelas VI SDN Tanah Kalikedinding I-251 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (354kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan siswa dalam membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar dan menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan, terbukti dari lambatnya siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru. Pada saat diadakan ulangan hasilnya hanya 18 siswa (40%) dari 45 siswa yang mendapat nilai di atas 85. Rendahnya keterampilan meringkas teks untuk siswa Kelas VI ini diupayakan untuk dapat diatasi dengan metode diskusi yang diterapkan dalam penelitian ini secara tepat sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran meringkas teks dengan memperhatikan langkah-langkah atau strategi pembelajarannya. Tujuan penelitian : 1. Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan meringkas teks siswa kelas VI. 2. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan meringkas teks menggunakan metode diskusi siswa kelas VI. 3. Mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran menggunakan metode diskusi meningkatkan keterampilan meringkas teks siswa kelas VI. 4. Mendeskripsikan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam melaksanakan metode diskusi untuk meningkatkan keterampilan meringkas teks siswa kelas VI. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Simpulan : 1. Pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode diskusi sangat efektif dan cocok digunakan dalam pembelajaran teks bacaan. 2. Peningkatan keterampilan meringkas teks menggunakan metode diskusi menunjukkan peningkatan yang signifikan dari nilai 75,3 (baik) menjadi 81,4 (baik) pada siklus II. Ketuntasan belajar dari 32 siswa (71%) menjadi 45 siswa (100%) pada siklus II, dan siswa yang tidak tuntas turun dari 13 siswa (20%) menjadi 0 siswa (0%) pada siklus II. 3. Respon siswa kelas VI sangat positif. 4. Kendala siswa belum paham, kebingungan, lebih bertanya kepada teman, hasil tes tidak bisa 100% sesuai, ada siswa yang pasif, dan mobilitas guru perlu ditingkatkan. Sedangkan pada siklus II siswa lebih kondusif dan bekerja lebih mandiri serta lebih memperhatikan penjelasan maupun bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diskusi Metode, Keterampilan Meringkas Teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 24 Feb 2018 09:37
Last Modified: 23 Jul 2018 04:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item