UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

Mahmudi, Mahmudi (2017) Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (320kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi tanggal 23 Agustus 2016, kemampuan siswa kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan dalam menulis karangan narasi masih kurang. Menulis karangan narasi menjadi materi pembelajaran yang sulit dikuasai oleh siswa, harus banyak latihan, menguasai kosakata, dan penggunaan media yang minim oleh guru. Penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran merangsang anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi belajar dan membantu memper-mudah pemahaman materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendiskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017 sebelum menggunakan gam-bar seri. 2) Untuk mendiskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2016/ 2017 sesudah meng-gunakan gambar seri. 3) Untuk menganalisis pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis ka-rangan narasi siswa kelas V SD Negeri Landak 1 Keca-matan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi (matching pretest-posttest kontrol GroupDesain). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, terpilih 25 siswa sebagai kelompok kontrol dan 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. 1)Hasil pretes kelompok kontrol nilai tertinggi 65, terendah 38, nilai rata-rata 50,84 dan standart deviasi 5,19 dengan katagori cukup, kelompok eksperimen nilai tertinggi 62, terendah 38, nilai rata-rata 51,40 dan stan-dart deviasi 5,79 dengan katagori cukup. 2) Hasil postes kelompok kontrol nilai tertinggi 75, nilai terendah 60, nilai rata-rata 70,08 dan standart deviasi 3,12. Hasil postes kelas eksperimen nilai tertinggi 90, nilai terendah 69, nilai rata-rata 83,56 dan standart deviasi 4,77. 3) Hasil uji t hitung adalah 9,440. Apabila dibandingkan dengan t tabel maka t hitung (9,440) > t tabel (1.708). Dapat disimpulkan bahwa media gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Landak 1 Kecamatan Tanahmerah Kabupaten Bangkalan pada Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri, Menulis Karangan narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2018 06:15
Last Modified: 23 Jul 2018 04:23
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item