UMSurabaya Repository

Studi Tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching and Learning di MA Darul Iman Desa Pamolaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang

Muawah, Muawah (2017) Studi Tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching and Learning di MA Darul Iman Desa Pamolaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (36kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Pendidikan Agama harus dijadikan tolak ukur dalam membentuk watak dan peribadi peserta didik, serta membangun moral bangsa (nation character building). Sehingga dalam pelaksanaannya, pendidikan agama (Islam) harus diselenggarakan sebaik-baiknya dengan manajemen yang matang serta diarahkan untuk kesinambungan hubungan manusia dengan pencipta-Nya, manusia dengan manusia (masyarakat) dan manusia dengan alam sekitarnya. Rumusan masalah dari penelitian tesis ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut : Pertama Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis Contextual Teaching and Learning Dua Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis Contextual Teaching and Learning Tiga Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan tehnik triangulasi sumber dan metode, pengecekan data dan diskusi sejawat. Data dianalisis dengan melakukan langkah-langkah ; (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian analisis data dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut, pada saat proses pembelajaran pendidikan agama Islam, guru sebagai manajerial pembelajaran telah menerapkan prinsip manajemen perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam dan melaksanakan evaluasi terhadap implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan strategi pembelajaran contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran (PAI), Contextual Teaching and Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:56
Last Modified: 23 Jul 2018 03:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item