Tariyono, Tariyono (2017) Pengaruh Pendidikan Nonformal Terhadap Pemahaman Agama Pada Jamaah Pengajian Ahad Pagi Masyarakat Madani di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (391kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (290kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (543kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (206kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (938kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 12 disebutkan bahwa “Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendekatan pendidikan nonformal menggunakan metode sejauhmana pemahaman jamaah dapat terlibat dan memahami agama Islam. Variabel pertama adalah “Pendidikan nonformal” sebagai variabel bebas dan variabel kedua adalah “Pemahaman agama” sebagai variabel terikat. Permasalahan tersebut perlu dikaji karena penulis menyadari bahwa kondisi masyarakat menjadi baik apabila semua pihak memiiliki kepedulian terhadap lingkungan masyarakat dimana pendidikan merupakan sebuah kebutuhan, agama juga kunci manusia untuk hidup berdampingan di lingkungan masyarakatnya tersebut berada. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas adalah mencoba menganalisa seberapa jauh pemahaman jamaah dalam menerapkan hasil mendengarkan ceramah, dengan demikian diharapkan jamaah dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai materi yang disajikan penceramah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu penulis menempuh dengan jalan teoritis dan empiris. Secara teoritis yaitu menelaah beberapa sumber literatur, sedangkan secara empiris mengadakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode : observasi, interfiew, dokumentasi, dan quesioner.Hasil dari penelitian ini ditemukan, pada taraf signifikansi 5 % pada N = 60 menunjukkan angka 0,254, sedangkan nilai rxy yang diperoleh adalah : 0,421 Dengan demikian rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam Tabel Taraf Signifikan 5%. Sedangkan pada taraf signifikan 1% pada N = 60 menunjukkan angka: 0,330, sedangkan nilai rxy yang diperoleh adalah 0,421. Maka rxy yang diperoleh lebih besar dari harga “r” dalam tabel taraf signifikan 1%. Berdasarkan perhitungan tersebut di atas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dari keseluruhan analisa menunjukkan ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian maka semakin banyak/ sering mengikuti pendidikan nonformal (terutama nonformal agama) maka semakin baik pula pemahaman agamanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Pendidikan Nonformal, Pemahaman, Bermasyarakat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 07:11 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:25 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2171 |
Actions (login required)
View Item |