Awwaliyah, Nur Aini (2015) Implementasi Metode Cooperative Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (438kB) |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih menekankan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang banyak didominasi oleh guru. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Kesalahan dalam menggunakan metode juga bisa menghambat prestasi belajar yang diinginkan. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya adalah mengunakan metode cooperative tipe jigsaw yang mana beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan kepada anggota lain dalam kelompoknya sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode cooperative tipe jigsaw di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, faktor yang mengahambat dan mendukung metode cooperative tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan hasil pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan metode cooperative tipe jigsaw di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Penelitian yang bersifat deskriptif. Penulis melakukan observasi, interview dan dokumentasi sebagai penguat data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada Implementasi metode cooperative tipe jigsaw di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya secara umum terlihat sudah cukup baik dalam penerapannya. Banyak perubahan yang dialami siswa pada proses pembelajaran seperti yang tadinya siswa pendiam menjadi siswa yang aktif. Diterapkannya metode ini banyak kesempatan siswa untuk mengolah informasi dan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor mendukung dalam Metode Cooperative Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Islamnya itu adanya sarana dan prasarana yang memadai, saling membangun sebuah hubungan yang harmonis antar sesama teman dan adanya sumber belajar. sedangkan faktor penghambat dalam Metode Cooperative Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Islam yaitu keterbatasan waktu serta kemampuan tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda dan terkadang siswa kurang konsentrasi. Hasil dari pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan Metode Cooperative Tipe Jigsaw di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya ternyata ada peningkatan dari sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Metode Cooperative Tipe Jigsaw ini nilainya pun berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Coopertive Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar Al-Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 06:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 11:32 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2357 |
Actions (login required)
View Item |