Sugiarto, Hopi (2017) Hubungan Kemampuan Bernalar Dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII Mts. Miftahul Ulum Pamekasan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (372kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (107kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (390kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (652kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (893kB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada anggapan bahwa kemampuan bernalar rmerupakan dasar penting untuk menulis karangan argumentas ikarena karangan argumentasi membutuhkan pemikiran yang kritis danlogis. Dengan bernalar dalam argumentasi kita bisa mengetahui bagaimana dapat merumuskan pendapat yang benar sebagai hasil dari suatu proses berpikir untuk merangkaikan fakta-fakta menuju suatu kesimpulan yang dapat diterima oleh akal sehat. Dengan asumsi ini maka agar siswa mampu bernalar dengan kritis dan logis untuk dapat menghasilkan karangan argumentasi yang baik. Dari sinilah muncul permasalahan (1) bagaimanakah kemampuan bernalar siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pamekasan? (2) bagaimanakah kemampuan menulis argumentasi siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pamekasan? (3) bagaimana hubungan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data mennggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) ada hubungan antara kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pamekasan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.836 dan hasil tersebut dimasukkan kedalam rumus t karena lebih dari 30 dan tidak ada dalam tabel Rho. Dari rumus t tersebut diperoleh harga t sebesar 8,362 yang ternyata lebih besar dari harga t tabel pada taraf kepercayaan 5%, dan (2) memiliki hubungan yang sangat tinggi antara kemampuan bernalar dengan kemampua menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pamekasan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi spearman rank sebesar 0,836 yang ternyata berada pada nilai r antara 0,800 sampai dengan 1,00 yang berinterpretasi sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bernalar, menulis karangan argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2018 08:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 01:58 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2387 |
Actions (login required)
View Item |