Hamid, Abd. (2017) Pengaruh Penerapan Teknik Jigsaw Terhadap Kemampuan Memahami Karangan Narasi Siswa Pada Kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Pamekasam Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (727kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (280kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (545kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (405kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan menulis yang digunakan oleh sedikit orang peranannya tidak kalah oleh kemampuan membaca yang banyak digunakan orang. Selama ini di kelas X MA Miftahul Ulum palengaan Laok Pamekasan pelajaran memahami karangan narasi kurang efektif terbukti dengan nilai hasil ujian harian dengan rata-rata 6,5 sedangkan KKM dari guru bahasa Indonesia 70, Siswa belum mampu merancang peristiwa-peistiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur. Selain itu siswa belum mampu membawa peristiwa utama itu kedalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti mencoba menggunakan teknik Jigsaw dalam pembelajaran memahami karangan narasi. Dengan Jigsaw ini siswa bekerja sama dalam kelompok dan berdiskusi antara anggota kelompoknya tentang sub bagiannya. Alasan inilah yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Penerapan Teknik Jigsaw Terhadap Kemampuan Memahami Karangan Narasi Siswa Pada Kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017 Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui penerapan teknik jigsaw dalam memahami karangan narasi pada siswa kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Mengetahui kemampuan siswa kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam memahami karangan narasi dengan menggunakan teknik jigsaw? (3) Mengetahui pengaruh penerapan teknik jigsaw terhadap kemampuan memahami karangan narasi siswa kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Penerapan teknik jigsaw dalam memahami karangan narasi pada siswa kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan pada kelas eksperimen dan menghasilkan kemampuan yang lebih baik dari kelas kontrol yang tidak menggunakan teknik jigsaw. (2) Kemampuan siswa kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam memahami karangan narasi dengan menggunakan teknik jigsaw mendapatkan nilai rata-rata 69,5. (3) Dengan thitung = 2.48 selanjutnya peneliti konsultasikan dengan tkritik. Dengan menggunakan uji dua pihak taraf signifikan 5% dan db = (30 + 31 - 2) = 59, maka diperoleh tkritik = 1.999 dari dua nilai tersebut tampak bahwa thitung ≥ tkritik. Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan H0 di tolak. Jadi penerapan teknik jigsaw berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa di Kelas X MA Miftahul Ulum Palengaan Laok Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Teknik Jigsaw, Memahami Karangan Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2018 09:17 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 01:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2389 |
Actions (login required)
View Item |