UMSurabaya Repository

Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Al-Muallam Sampang Tahun Pelajaran 2016/2017

Maulana, Halili (2017) Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Al-Muallam Sampang Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (282kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan siswa dalam menjalani proses pendidikan. Oleh karena itu, kemampuan membaca dan kemampuan memahami bacaan menjadi bagian penting dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan siswa. Kemampuan siswa SMK Al-Muallam Sampang dalam membaca pemahaman soal cerita kurang begitu baik sehingga hal itu akan mempengaruhi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca pemahaman. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti bermaksud ingin mengetahui apakah ada Korelasi Kemampuan membaca pemahaman dengan Prestasi Belajar bahasa Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan Prestasi Belajar bahasa Indonesia siswa SMK Al-Muallam Sampang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode statistik dengan korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Muallam Sampang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan tes subjektif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa r hitung = 0,86 lebih besar daripada r tabel product moment pada taraf signifikansi 5% = 0,602 dan 1% = 0,735 sehingga ada hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas SMK Al-Muallam Sampang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, prestasi belajar bahasa indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2018 09:29
Last Modified: 21 Aug 2018 01:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item View Item